Apel siaga Bawaslu Nunukan

Bawaslu Nunukan Resmikan Pojok Pengawasan dan PPID Sebagai Modernisasi Sistem Pengawasan dan Pelaporan

Nunukan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara meluncurkan Pojok Pengawasan sekaligus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

‘’Sebagai bentuk dan realisasi dari instruksi Bawaslu RI, dalam mengedepankan komitmen Bawaslu mempermudah masyarakat mendapat informasi seputar pengawasan, dan kabar pemilu lainnya,’’ujar Ketua Bawaslu Nunukan Mochammad Yusran, Sabtu (26/9/2020).

Pojok pengawasan berguna sebagai pusat komunikasi dan konsultasi pangawasan partisipatif, Bawaslu harus transparan, dan memberikan kemudahan masyarakat dan stake holder dalam memperoleh informasi dan data seputar aktifitas Pilkada 2020 dan apa saja yang dikerjakan Bawaslu kabupaten Nunukan.

Di pojok pengawasan, akses data dan petugas akan memberi layanan prima, dengan menyuguhkan apa yang diinginkan masyarakat sekaligus menjadi tempat aduan, komunikasi juga untuk menuangkan ide dan gagasan.

Tempat ini juga bisa digunakan lokasi sharing terkait fenomena, peristiwa dan dinamika perhelatan Pilkada Nunukan 2020.

‘’Perlahan kita akan lakukan digitalisasi data, bahkan untuk pelaporan dugaan pelanggaran dan sengketa Pemilu, masyarakat sudah bisa melakukannya secara online.’’lanjutnya.

Peresmian pojok pengawasan dan PPID Bawaslu Nunukan dilakukan saat apel siaga pengawasan Bawaslu, hadir dalam acara tersebut, Bupati non aktif Asmin Laura Hafid, bersama calon wakilnya Hanafiah, unsur keamanan TNI, POLRI, Jaksa, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Apel siaga Bawaslu Nunukan digelar dengan tujuan mengecek kesiapan seluruh jajaran pengawas Pemilu dalam menghadapi tahapan Pilkada, utamanya memperkuat mekanisme pengawasan dan mempertajam insting pengawasan. (Dzulviqor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.